Berita

PERINGATAN HUT KE-49 DIVIF 2 KOSTRAD
TAHUN 2010

Singosari Malang (27/04) Dalam rangka memperingati HUT ke-49 Divif 2 Kostrad, selaku Inspektur Upacara Panglima Divisi infanteri 2 Kostrad Mayjen Geerhan Lantara yang bertema “Dengan semangat berlatih dan kepedulian sosial yang tinggi, kita tingkatkan profesionalisme dan soliditas satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad’’. Tema ini menyiratkan suatu tekad yang kuat untuk selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Saya yakin dengan profesionalisme dan soliditas yang kokoh, Divisi Infanteri 2 Kostrad mampu mendukung tugas pokok Kostrad dalam menjaga tetap tegak dan kokohnya kedaulatan wilayah NKRI dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.
HUT Divisi Infanteri 2 Kostrad ini,  di hadiri oleh Tamu undangan para Pejabat  Daerah semalang Raya dan para sesepuh Divif 2 Kostrad. Yang berkenan hadir dalam perayaan hari ulang Tahun Didif 2 Kostrad. Mengakhiri Amanat Pangkostrad yang dibacakan oleh Pangdif 2 Kostrad, bahwa dengan memperingati HUT ini kita tingkatkan kepedulian kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai wujud kepedulian Divif 2 kostrad dalam meningkatkan derajat kehidupan masyarakat.

==========================

DALAM RANGKA MEMPERINGATI  HUT RI KE-65 DISELENGGARAKAN PERLOMBAAN RENANG SE MALANG RAYA DI KOLAM RENANG TIRTA VICADA MADIVIF 2 KOSTRAD  TAHUN 2010

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-65 tahun 2010. Diadakan perlombaan Renang se Malang Raya di Kolam Renang Tirta Vicahda Madivif 2 Kostrad Singosari. selaku Ketua panitia Asintel Kasdivif 2 Kostrad ( Kolonel Inf Ruliansyah Harahap) menyelenggarakan perlombaan Renang kelompok umur dengan materi perlombaan Renang Gaya Bebas, Gaya Dada, Gaya Kupu-kupu yang diikuti oleh TNI, POLRI dan Masyarakat Malang Raya.

Diadakannya perlombaan renang ini,disamping memeriahkan  HUT RI ke-65 tahun 2010 juga memperkenalakan kolam renang Tirta Vicada di madivif 2 Kostrad. Bertujuan untuk menggalakkan olah raga renang kepada masyarakat umum dengan tujuan mencari bibit-bibit perenang di Kota Malang,.Dengan harapan akan diperoleh di Atlit perenang  baik tingkat daerah sampai tingkat nasional, sekaligus sebagai sarana untuk menjalin hubungan yang baik antara TNI, POLRI dan masyarakat di kota malang.

===============

ASINTEL KASDIVIF 2 KOSTRAD DALAM RANGKA PEMBUKAAN  PENATARAN BAHASA INGGRIS DI MADIVIF 2 KOSTRAD TAHUN 2010

Singosari-Malang (21/7). Mewakili Panglima Divif 2 Kostrad, Asintel Kasdivif 2 Kostrad (Kolonel Inf Ruliansyah Harahap) beserta para Asisten dan Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad bertempat di Hall Madivif 2 Kostrad membuka Penataran Bahasa Inggris Gelombang I tahun 2010 yang diikuti oleh 25 peserta selama 2 bulan.

Kegiatan penataran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbahasa inggris. dalam menghadapi tugas-tugas ke depan, khususnya penugasan yang berhubungan dengan luar negeri, untuk itu para prajurit di satuan jajaran divif 2 kostrad diharapkan memahami dan mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar.

Di akhir sambutannya Panglima Divif 2 kostrad berpesan agar momen ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh seluruh peserta penataran  untuk belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh, tentunya dengan menyiapkan fisik dan mental serta mencurahkan segenap pikiran, tenaga dan kemampuan yang  dimiliki,    sehingga  tujuan penataran dapat dicapai.

==============================

KASDIVIF 2 KOSTRAD DALAM RANGKA MEMPERINGATI  ISRA’ MI’RAJNABI MUHAMMAD SAW 1431 H BERSAMA TNI POLRI DAN PNS SE MALANG RAYA  TAHUN 2010

Singosari-Malang (14/7). Kasdivif 2 Kostrad (Brigjen TNI Harry Purdianto) beserta para Asisten dan Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad bertempat di Gedung Sandoyo dan dihadiri oleh Kapolwil Malang, anggota TNI-Polri dan PNS se Malang Raya dalam  rangka  memperingati  Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1431 H

Selaku pembicara Ustad KH. Abdul Muntholib, menyampaikan uraian tentang  peristiwa isra’ mi’raj itu sendiri, yaitu diterimanya perintah langsung dari allah subhanuhu wata’ala melalui nabi muhammad agar umat islam wajib melakukan ibadah sholat lima waktu sehari semalam.

Kegiatan ini, sesuai dengan Tema Denganhikmah

Kyai Kera sakti sidoharjo

peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW kita tingkatkan  Keimanan dan Ketaqwaan serta kualitas pengabdian prajurit TNI, Polri dan Pegawai Negeri Sipil kepada Bangsa dan Negara”.Acara ini merupakan suatu wahana untuk bersilahturahmi antara sesama anggota TNI-Polri dan PNS se Malang Raya guna membangun dan memperkokoh rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Di akhir sambutannya Kasdivif 2 Kostrad berpesan, pada peringatan ini mengajak kita semua untuk menjalankan perintah Allah SWT dan menjahui segala larangannya dan memperbanyak ibadah serta berbuat kebajikan

=====================

DANYON BEKANG 2 DIVIF 2 KOSTRAD DISERAHTERIMAKAN DARI LETKOL CBA ASWANTO KEPADA LETKOL CBA WINARNO

Malang (7/8). Serah terima tugas dan tanggung jawab merupakan hal yang biasa dilakukan dalam sebuah organisasi yang senantiasa berorientasi untuk mewujudkan sinkronisasi antara kepentingan pembinaan organisasi dan pembinaan personil, selain itu juga merupakan bagian dari upaya pimpinan untuk memelihara dan meningkatkan kinerja organisasi serta sekaligus untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan bagi perwira yang bersangkutan. Demikian disampaikan oleh Panglima Divif 2 Kostrad pada upacara serah terima jabatan Danyon Bekang 2 Divif 2 Kostrad, pada Rabu (7/8) di Lapangan Upacara Yonbekang 2 Divif 2 Kostrad.

Lebih lanjut Panglima Divif 2 Kostrad mengatakan bahwa Batalyon Bekang 2 sebagai satuan bantuan administrasi yang berada di jajaran Divif 2 Kostrad mempunyai tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan kegiatan pembekalan, pemeliharaan dan jasa angkutan secara terbatas dalam rangka mendukung tugas pokok Divif 2 Kostrad. Guna mewujudkan tugas dan tanggung jawab tersebut Batalyon Bekang 2 harus mampu menyelenggarakan dukungan administrasi secara maksimal untuk mendukung satuan jajaran Divif 2 Kostrad.

Pada kesempatan tersebut Panglima Divif 2 Kostrad juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Letkol CBA Aswanto yang telah mengabdi sebagai Danyon Bekang 2 dengan penuh dedikasi dan kesungguhan, semoga pengalaman yang diperoleh selama menjabat dapat menjadi bekal yang berharga dalam mengabdi di tempat tugas yang baru.

========================

RAKOR INTELIJEN SATJAR DIVIF 2 KOSTRAD TAHUN 2009 DI GELAR

intel1Aparat intelijen memiliki fungsi yang sangat strategis dalam upaya pembinaan satuan, seperti fungsi penyelidikan dan fungsi penggalangan, namun yang tak kalah penting diperankan saat ini oleh para unsur intelijen Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad adalah fungsi pengamanan baik pengamanan personil, materil, pangkalan maupun berita. Hal ini mengingat masih banyaknya terjadi kecelakaan-kecelakaan dan pelanggaran-pelanggaran yang menyebabkan kerugian bagi prajurit maupun satuan sendiri.

Demikian disampaikan Kepala Staf Divif 2 Kostrad Brigjen TNI Gatot Nurmantyo dalam arahannya kepada 50 orang peserta Rakor Intelijen jajaran Divif 2 Kostrad yang teridiri dari para Kasi Intel Brigade/Men dan Pasi Intel Batalyon di jajaran Divif 2 Kostrad.

Lebih lanjut Kepala Staf menyampaikan kepada para peserta Rakor untuk selalu melakukan temu cepat dan lapor cepat di setiap perkembangan hal  menonjol di satuannya, apalagi ancaman teror yang selalu mungkin dapat terjadi saat ini. Sehingga dengan temu cepat dan lapor cepat tersebut pimpinan akan  secara lebih cepat pula mengambil langkah-langkah dan tindakan yang diperlukan guna mengatasi permasalahan yang ada, Diharapkan dengan lapor cepat ini akan dapat mengurangi dan terhindar dari kerugian-kerugian yang tidak perlu.

Dalam kegiatan Rakor ini, peserta disamping diberikan pembekalan tentang Intelijen, mereka juga memperoleh pembekalan tentang Binter Terbatas oleh Aster Kasdivif 2 Kostrad dan pembekalan hukum yang disampaikan oleh Pakum Divif 2 Kostrad.

=================

SOSIALISASI BANTUAN PENDIDIKAN DAN PERUMAHAN OLEH YKPP DEPHAN RI DI MADIVIF 2 KOSTRAD.

YKPP1Singosari-Malang (28/7). Bertempat di Markas Divif 2 Kostrad Panglima Divif 2 Kostrad menerima kunjungan Tim sosialisasi bantuan pendidikan dan perumahan Dephan RI yang dipimpin oleh Brigjen (Purn) Koestomo, Msc.

Kegiatan yang diawali sambutan Panglima Divif 2 Kostrad tersebut mengatakan bahwa YKPP Dephan RI memiliki tugas pokok meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI, Polri dan PNS di bidang pendidikan dan perumahan, hal ini disebabkan karena masih banyaknya anggota TNI, Polri dan PNS sampai saat ini belum memiliki rumah sendiri. Maka keberadaan YKPP sangat strategis dalam turut serta membantu dan mengatasi kesulitan yang ada.

Lebih lanjut Panglima Divif 2 Kostrad berharap dengan adanya kegiatan ini akan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang bantuan dan kemudahan-kemudahan yang dapat diberikan oleh YKPP Dephan RI, serta memperoleh informasi yang lebih jelas dan akurat tentang bantuan pendidikan dan perumahan tersebut.

Setelah penyampaian materi panjang lebar dari Tim Sosialisasi, respon peserta sangat antusias dari penjelasan yang disampaikan oleh Tim Sosialisasi, hal ini dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada Tim sosialisasi.

==============

PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW.

DIVIF 2 KOSTRAD TH. 1430 HIJRIYAH

isra'mi'raj-okSingosari-Malang (22/7). Bertempat di Masjid Sabilul Huda Divif 2 Kostrad segenap Prajurit dan PNS Divif 2 Kostrad melaksanakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Th. 1430 Hijriyah.

Pada kesempatan tersebut bertindak selaku pembicara adalah Ustadz KH. Farhan, yang menyampaikan hikmah Isra’ Mi’raj kepada warga Divif 2 Kostrad agar kita selalu dapat memelihara keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sejalan dengan tema Isra’ Mi’raj kali ini yaitu: ”Dengan hikmah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Kita mantapkan keimanan dan ketaqwaan Prajurit TNI sebagai landasan moral guna meningkatkan citra TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Panglima Divif 2 Kostrad, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Staf Divif 2 Kostrad beserta para Asisten Kasdivif 2 Kostrad. Dalam sambutannya Panglima Divif 2 Kostrad mengatakan bahwa peringatan Isra’ Mi’raj merupakan salah satu tradisi dalam kehidupan umat Islam yang dari tahun ke tahun senantiasa dilaksanakan, namun demikian hal ini tentunya bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi semata. Tetapi karena didorong oleh kesadaran dan keinginan luhur kita untuk dapat mewarisi semangat, menangkap makna dan memetik hikmah yang terkandung di dalam peringatan Isra’ Mi’raj itu sendiri.

Di akhir sambutannya Panglima Divif 2 Kostrad berpesan, melalui peringatan Isra’ Mi’raj ini diharapkan kita dapat menarik pelajaran penting dari peristiwa tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

==============

KEGIATAN PEMERIKSAAN ANGGARAN OLEH TIM BPK  DI DIVIF 2 KOSTRAD.

bpk-1Singosari-Malang (17/7). Pemeriksaan merupakan salah satu fungsi kontrol yang efektif untuk mengetahui apakah kegiatan atau anggaran yang disalurkan dari komando atas kepada satuan bawah telah digunakan secara benar menurut peruntukannya atau belum.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dalam hal ini Divif 2 Kostrad telah menerima Tim BPK Pusat untuk melaksanakan pemeriksaan di satuan Divif 2 Kostrad dan jajarannya. Kegiatan pemeriksaan ini telah berlangsung selama lima hari, dimulai pada tanggal 13 Juli 2009 yang lalu dan berakhir pada hari ini tanggal 17 Juli 2009.

Di akhir kegiatan pemeriksaan (17/7) Tim BPK tersebut, bertempat di Ruang Kerja Panglima Divif 2 Kostrad dilaksanakan Taklimat Akhir yang secara langsung dipimpin oleh Panglima Divif 2 Kostrad.

Selama pelaksanaan kegiatan pemeriksaan oleh Tim BPK, kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar.

======================

LATIHAN RUTIN JUNGAR BRIGIF L 18

Malang (15/7).    Latihan merupakan suatu kebutuhan yang mendasar bagi setiap prajurit, agar kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya selalu terpelihara dan bahkan dapat ditingkatkan, sehingga harapan untuk memiliki prajurit yang profesional dapat diwujudkan.

Kaitannya dengan hal tersebut, seperti apa yang telah dilaksanakan oleh Brigif Linud 18 dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan prajuritnya, sebanyak 708 prajurit Yonif Linud 503 tengah melaksanakan Latihan Rutin Terjun Penyegaran yang langsung dipimpin oleh Danyonif 503 Letkol Inf. Bobby Rinal. Kegiatan Jungar ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 15 s/d 16 Juli 2009 yang terbagi dalam 12 Surty bertempat di Bandara Abdurahman Shaleh Malang.

Dengan harapan latihan ini tentunya dapat meningkatkan kesiapsiagaan satuan lintas udara demi mengantisipasi setiap ancaman yang mungkin timbul. Bilamana sewaktu-waktu negara membutuhkan pengerahan pasukan ini, maka satuan lintas udara, khususnya Brigif Linud 18 siap untuk diterjunkan.

Pada kesempatan pelaksanaan latihan tersebut, Panglima Divif 2 Kostrad berserta rombongan menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan Jungar tersebut.

===============

UJI KEMAMPUAN PERWIRA SATJAR DIVIF 2 KOSTRAD

UJI-PA-okSingosari-Malang. Bertempat di Markas Divif 2 Kostrad dilaksanakan latihan Uji Kemampuan Perwira Jajaran Divif 2 Kostrad setingkat Danton ke atas. Kegiatan dilaksanakan terbagi dalam dua gelombang, gelombang I dilaksanakan tanggal 1 s/d 2 Juli 2009 dan gelombang II dilaksanakan tanggal 5 s/d 6 2009. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauhmana hasil pembinaan satuan yang dilakukan oleh para Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad selama satu semester TA 2009 ini dan juga merupakan sebagai pertanggungjawaban pembinaan satuan yang dilakukan oleh para Dansat di satuannya.

Dengan kegiatan tersebut akan dapat di evaluasi dan diketahui kemampuan Perwira, sehingga kekurangan yang ada akan dapat dijadikan acuan untuk memacu peningkatkan kemampuan dan profesionalitas para Perwira di Jajaran Divif 2 Kostrad guna menunjang tugas pokok Divif 2 Kostrad ke depan.

Tinggalkan komentar